Wisata Bahari, Pantai Suko (Kawasan Bonang Binangun Sluke/ BBS)

Posted: 23 November 2011 in Semua Berita, WISATA
Tag:, ,

Berita Rembang , Kota – Pantai Suko berada di Kecamatan Sluke berjarak kira-kira 24 km dari kota Rembang ke arah timur. Menurut tradisi lisan yang berkembang di masyarakat setempat, nama pantai ini berkaitan dengan nama seorang tokoh pengembara dari Samodra Pasai, Sukowati, yang wafat dalam pertempuran dengan pasukan Majapahit yang dipimpin oleh Pangeran Harya Damar putra Prabu Brawijaya raja Majapahit. Di kawasan ini juga terdapat makam Dewi Siti Kuliyah yang berasal dari Samodra Pasai yang mengembangkan agama Islam di Sluke.

Pantai Suko merupakan satu kawasan objek dan daya tarik wisata yang terdiri atas objek wisata ziarah yang berupa makam, petilasan, dan pasujudan Sunan Bonang, makam Bupati Binangun I; dan wisata alam yaitu Wisata Watu Layar, Pantai Binangun, dan Bukit Jejeruk. Pantai Binangun masih merupakan hamparan pantai/ lahan pertanian/ perikanan/ tanah kosong yang sangat luas yang belum dikembangkan.

Di kawasan ini terdapat objek pendukung yang sedang digarap oleh Pemerintah Kabupaten Rembang, untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Pelabuhan Industri Batubara/ Pelabuhan Niaga.

Tulisan terkait :

Wisata Bahari Pantai Binangun Indah

Wisata Bahari Pulau Karang Gosong

Wisata Bahari Pulau Gede, Pulau Marongan

Wisata Bahari TRP

Komentar ditutup.