Wisata di Kabupaten Rembang

Posted: 23 November 2011 in Semua Berita, WISATA
Tag:, ,

Berita Rembang, Kota – Kabupaten Rembang memiliki sejumlah objek wisata yang dapat dikategorikan ke dalam objek wisata alam, objek wisata buatan, dan objek wisata sejarah dan budaya. Berikut obyek wisata di Kabupaten Rembang[1].

Objek Wisata Alam

Wisata Bahari

Taman Rekreasi Pantai Kartini

Taman Rekreasi Pantai Kartini (TPRK)—sekarang jadi Dampo Awang Beach–berada di kawasan kota pada jalur jalan raya Semarang – Surabaya. Pada objek wisata ini pengunjung dapat melihat keindahan salah satu bagian laut Rembang. TPRK dilengkapi dengan fasilitas kolam renang “Putri Duyung”, taman bermain anak-anak, dan perahu wisata.

Di dalam lokasi TRPK juga terdapat beberapa peninggalan sejarah, yaitu: Jangkar Dang Puhawang (Dampo Awang) yang berukuran panjang 4,22 m, lebar 2,80 m, lingkar badan 60 cm terletak di pantai; dan benda  cagar budaya berupa bangunan peninggalan Belanda dengan arsitektur Eropa (dibangun tahun 1811), yang dulu digunakan untuk kegiatan rapat/pertemuan/pesta pada masa pemerintahan Belanda (1808-1811). Pada masa kemerdekaan, dari tahun 1945 – 1996 bangunan itu digunakan oleh umat Kristiani Jawa sebagai gereja. Pada tahun  2006 bangunan itu dipugar dengan tanpa meninggalkan bentuk arsitektur aslinya. Bangunan tersebut dipergunakan sebagai gedung perpustakaan dan  Pusat Informasi Pariwisata.

Pada bulan Syawal bersamaan dengan upacara tradisi Syawalan/Kupatan diselenggarakan berbagai kegiatan seperti lomban (wisata laut), wisata belanja, pertunjukan musik, dan lain-lain.

Sampai saat ini TRPK masih menjadi objek wisata unggulan di Kabupaten Rembang. Pengembangan secara optimal sedang dilakukan pada objek wisata ini yang diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata tidak hanya bagi wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara mengingat dewasa ini sedang berlangsung pembangunan Blok Cepu dalam bidang perminyakan.

Tulisan terkait :

Wisata Bahari Binangun Indah

Wisata Bahari Pantai Suko  (Kawasan Bonang Binangun Sluke/ BBS)

Wisata Bahari Pulau Karang Gosong

Wisata Bahari Pulau Gede, Pulau Marongan


[1] Sumber: Menggali Warisan Sejarah Kabupaten Rembang untuk Pengembangan Obyek Wisata, Pemkab Rembang Tahun 2003; Profil Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Rembang 2008,  Pemkab Rembang 2009 dan Review Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Rembang, Pemkab Rembang 2007 serta Penggalian Potensi  Kebaharian Kabupaten Rembang Menuju  Integrated Maritime Zone (Kawasan Bahari Terpadu) Tahap II – 2010, Pemkab Rembang 2010.

Iklan

Komentar ditutup.