Soal UAS Sekolah Dasar Bocor

Posted: 30 November 2011 in pendidikan, Semua Berita
Tag:,

Soal Tes Semester I yang Digandakan Oknum Guru

Soal Tes Semester I yang Digandakan Oknum Guru

DIDUGA PELAKUNYA OKNUM GURU SD

Berita Rembang, Kragan—Sebentar lagi,  tepatnya mulai tanggal 5 Desember 2011 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Rembang akan melaksanakan ujian semester I.  Sayangnya saat yang dinanti-nanti seluruh siswa SD untuk mengukur kemampuan mereka dalam menyerap materi pembelajaran selama satu semester tersebut dinodai oleh insiden bocornya soal ujian. Peristiwa ini terjadi ketika salah seorang warga yang sekaligus orang tua murid dari salah satu peserta didik SD diwilayah Kragan secara tidak sengaja menemukan lembar foto copyan soal ujian semester SD di sebuah tukang foto copy. Sumber tersebut kepada Berita Rembang menceritakan bahwa pada tanggal 29 November 2011 pukul 19.15 WIB  saat sedang foto copy (diwilayah Kecamatan Kragan), menemukan selembar kertas hasil foto copy yang katut kertas hasil foto copyannya. Karena merasa bukan barang miliknya, maka dia membacanya (sebelum berniat mengembalikannya kepada tukang foto copy) dan dia kaget, karena itu adalah soal ulangan semester I Mata Pelajaran Matematika Tahun 2011/2012 kelas II untuk tanggal 6 Desember 2011. “Persis dengan jadwal tes anak kami yang masih SD meskipun kelasnya tidak sama. Kami yakin itu adalah hasil foto copy dari soal untuk tes tanggal 6 Desember 2011 mendatang, karena disamping tanggal yang tertera sama dengan jadwal tes, ada kode R dan format headerpada soal persis sama dengan lazimnya soal semesteran’, jelas ibu satu anak ini kepada Berita Rembang.

Soal Halaman 2

Soal Halaman 2

“Karena penasaran, maka kami menanyakan kepada si tukang foto copy, siapa gerangan yang berani berbuat nekat demikian terhadap dokumen yang semestinya menjadi rahasia. Kami makin kaget karena ternyata orang yang memfoto copy adalah oknum guru SD yang dikenal  si tukang foto copy. Itu, kertas yang katut saya adalah foto copy yang rusak, yang tidak disadari lalu dibuang/diglethakke”, lanjut sumber tersebut menjelaskan.

Sumber Berita Rembang Saat Menunjukkan Soal Hasil Temuannya

Sumber Berita Rembang Saat Menunjukkan Soal Hasil Temuannya

Atas temuan tersebut, sumber yang berinisial TK beralamat di Desa Pandangan Kulon tersebut akan membuat surat yang akan dilayangkan kepada instansi terkait. “ini rahasia negara mas, kalau dibiarkan saya khawatir dengan mentalitas tenaga pendidik kita, selain itu ini sebentuk kecurangan. Lagi pula soal ujian kan termasuk rahasia negara sebagaimana definisi pada RUU Rahasia Negara yaitu informasi, benda, dan/atau aktivitas yang secara resmi ditetapkan dan perlu dirahasiakan untuk mendapat perlindungan melalui mekanisme kerahasiaan, yang apabila diketahui pihak yang tidak berhak dapat membahyakan kedaulatan, keutuhan, keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan/atau dapat mengakibatkan terganggunya fungsi penyelenggaraan negara, sumber daya nasional, dan/atau ketertiban umum. Untuk kepentingan apa oknum guru tersebut menggandakan soal, kalau bukan untuk kepentingan yang melanggar aturan negara’, tegasnya mengakhiri pembicaraan dengan Berita Rembang.

Komentar ditutup.