LASEM, CENTRAL BATIK TULIS

Posted: 9 Desember 2011 in ekonomi, Semua Berita, sosial budaya, WISATA
Tag:, , ,

Industri kerajinan batik Lasem banyak terdapat di kota Lasem. Jenis industri batik Lasem ini sudah terkenal secara turun-temurun dan memiliki corak yang khas jika dibandingkan dengan daerah lain. Oleh sebab itu, perlu diupayakan menjadikan kawasan Lasem sebagai kawasan sentra Batik Lasem yang sudah memiliki reputasi baik nasional maupun internasional.

Dewasa ini kerajinan batik di Kabupaten Rembang dapat berkembang pesat, salah satu indikatornya dapat dilihat dari jumlah pengusaha yang semakin meningkat. Berikut ini data jumlah pengusaha batik di Kabupaten Rembang tahun 2010.

pengusaha batik tulis lasem

Sumber: Dinas Indagkop UKM Kabupaten Rembang, 2010.

Dari data pada tabel tersebut tampak jelas, bahwa industri batik memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai salah satu aktivitas ekonomi yang dapat memberi kontribusi signifikan bagi dinamika dan perkembangan ekonomi Kabupaten Rembang. Selain itu data pada tabel tersebut juga menunjukkan, bahwa batik di Kabupaten Rembang didominasi oleh produksi daerah Lasem, sehingga tidak mengherankan jika batik Rembang sering diidentikkan dengan sebutan Batik Lasem.

Tulisan terkait:

Sejarah Batik Tulis Lasem; Ciri Khas Batik Tulis Lasem; Proses Pembuatan Batik Tulis Lasem; Motif Batik Tulis Lasem; Pasang Surut Usaha Batik Tulis Lasem; Upaya Pemerintah Daerah Kab. Rembang Melestarikan Batik Tulis Lasem; Teknologi Pembuatan Batik Tulis Lasem; Regenerasi Perajin Batik Tulis Lasem

Iklan

Komentar ditutup.