BP3 Jawa Tengah Kunjungi Situs Terjan

Posted: 2 Januari 2012 in Semua Berita, WISATA

Kragan – Petugas Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah, Senin pagi mendatangi lokasi Situs Megalitikum desa Terjan Kec. Kragan, setelah kawasan tersebut dirusak beberapa waktu lalu. Rombongan didampingi oleh Kepala Desa Terjan, Abdul Hadi dan staf Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kab. Rembang.

Kepala Desa Terjan, Abdul Hadi mengatakan kalaupun sampai sekarang tidak terkuak siapa pelaku pengrusakan benda bersejarah tersebut, namun pihak desa berharap BP3 memberikan perhatian terhadap masalah keamanan situs, salah satunya dengan mempercepat pemagaran.

Bagus Ujianto, petugas Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah mengatakan terlebih dahulu melakukan pendataan kerusakan. Setelah itu barulah memberikan rekomendasi, sebagai tindak lanjut.

Bagus memperinci ada beberapa hal, diantaranya pemagaran situs, rekonstruksi batu batu yang sudah dirusak dan pembebasan lahan utama maupun lahan penyangga. Menurutnya pemagaran menjadi skala prioritas, sedangkan proses rekonstruksi, masih menunggu perkembangan.

Dalam Undang Undang Kepurbakalaan, sudah diatur tentang rekonstruksi untuk mengembalikan kondisi benda bersejarah seperti semula.

Bagus menyatakan sangat prihatin, karena Situs Megalitikum Terjan satu satunya di provinsi Jawa Tengah. Untuk sementara, ia berharap juru kunci situs sekaligus pemilik tanah, Darsan meningkatkan pengawasan. Begitupun dengan pemerintah desa, sesekali ikut membantu pengamanan.

Sebagaimana diketahui Situs Megalitikum Terjan yang terdiri dari bongkahan bongkahan batu untuk sarana pemujaan manusia zaman dahulu dirusak. Muncul dugaan karena ada kelompok yang menginginkan lokasi sekitar situs menjadi penambangan batu trus.

berita terkait: Situs megalitikum-terjan-dan-selodiri;  situs-terjan-dirusak-orangdirusak-status-lahan-situs-terjan-bisa-jadi-sengketa;  situs-terjan-diselamatkan-perda-khusus

Komentar ditutup.