Darurat, PUN Rembang akan Dioperasikan Pebruari

Posted: 18 Januari 2012 in Semua Berita
Tag:, ,

PUN Rembang direncanakan Operasi Pebruari Meski Masih dalam Tahap Pengerjaan

PUN Rembang direncanakan Operasi Pebruari Meski Masih dalam Tahap Pengerjaan

Rembang– Pembangunan Pelabuhan Umum Nasional (PUN) yang terletak di Desa Sendangmulyo Kecamatan Sluke sampai saat ini belum selesai secara keseluruhan. Kondisi sampai dengan tahun 2012  baru sampai pada tahap reklamasi dan pembuatan dermaga sepanjang lebih kurang 300 meter dengan lebar 8 meter. Meskipun demikian, dengan kedalaman laut yang sudah mencapai ± 6-8 meter, PUN Rembang ini sudah mampu untuk sandar dan labuh kapal ± 5000 DWT.

Dengan kondisi yang sekarang ini pada Bulan Pebruari mendatang secara darurat PUN Rembang akan segera dioperasionalkan. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Rembang H. Abdul Hafidz seusai membuka pembekalan tehnis dan pelatihan kewirausahaan PNS yang akan purna tugas di sanggar Budaya Rabu (18 Januari 2012).

PUN Rembang Kondisi 2012

PUN Rembang Kondisi 2012

Wakil bupati mengatakan, pembukaan ini karena adanya permintaan dan keinginan dari pengguna jasa, sehingga pemerintah daerah memberikan ijin dengan pertimbangan ada perjanjian, sehingga apabila ada kejadian yang tidak diinginkan resiko ditanggung oleh penguna jasa yang bersangkutan.

Dijelaskan, reklamasi pengelolaan PUN selama ini dilakukan oleh Pihak ke tiga, sedangkan dari APBN untuk pembuatan jety. Selama kurun waktu 3 tahun berturut-turut pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan PUN. Tahun pertama sekitar 10 milyar, tahun kedua mendapatkan 30 milyar dan tahun ini mendapatkan sekitar 10 Milyar.

Menurut Wabup, Apabila PUN sudah beroperasi dan ijin sudah keluar dipastikan akan memacu menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Rembang.

Komentar ditutup.