Kualitas Rumah Bantuan Pemerintah Korban Bencana Abrasi Buruk

Posted: 18 Januari 2012 in Semua Berita
Tag:, , ,

Sarang – Buruknya kualitas bangunan, membuat puluhan korban bencana abrasi warga desa Karangmangu Kec. Sarang yang menempati rumah bantuan pemerintah, resah.
Banyak bagian rumah rusak, mulai dari atap hingga tembok, padahal baru berusia 2,5 tahun. Warga terpaksa mengeluarkan ongkos sendiri untuk melakukan pembenahan, karena jika dibiarkan, bangunan rumah tidak akan mampu bertahan lama.

Mahfudz, salah satu warga Desa Karangmangu menuturkan saat masuk kali pertama, rumah sebenarnya sangat tidak layak. Selain berlantai tanah, juga tidak dilengkapi sarana listrik dan air.
Dengan dana hutang kesana kemari, ia menghabiskan ongkos Rp 10 juta untuk melakukan pembenahan.

Kalau sudah seperti ini, sama saja menghadapkan warga dengan masalah baru. Ironisnya, sama sekali tidak ada perhatian dari pelaksana proyek maupun pemerintah.

Kawasan permukiman relokasi bagi korban bencana abrasi terletak di sebelah selatan jalur Pantura desa Karangmangu. Proyek tersebut dulunya memperoleh kucuran Rp 1 miliar, disokong dana stimulan pemerintah pusat.
Dari 26 unit rumah, 4 diataranya masih dibiarkan kosong, karena calon penerima enggan menempati. Mereka lebih memilih menumpang ke rumah orang tua dan kerabat.

Komentar ditutup.