Sejumlah Proyek di Rembang Tidak Dilengkapi Papan Informasi

Posted: 26 Januari 2012 in Semua Berita

Sejumlah proyek/pekerjaan di Kabupaten Rembang tidak dilengkapi plang papan proyek (papan informasi). Salah satu contoh adalah proyek fisik pembangunan jalan Bonjor-Lodan Kecamatan Sarang. Padahal memasang papan proyek tersebut merupakan kewajiban sebagaimana ditegaskan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. “Inikan namanya proyek tak bertuan. Masyarakat tak tahu informasi proyek itu berapa anggarannya dan sampai kapan waktu pengerjaannya,” kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya kepada Berita Rembang Selasa kemarin.
Setiap proyek yang dilaksanakan oleh Pemerintah seharusnya memiliki papan plang yang menginformasikan jumlah anggaran, sumber anggaran serta pelaksana pekerjaan. Sehingga publik dapat mengetahui sumber dana proyek tersebut (APBN, APBD atau sumber pembiayaan lainnya yang sah).
Pemasangan papan plang proyek merupakan salah satu poin penting dalam pelaksanaan pekerjaan proyek di lapangan. Hal itu dimaksudkan demi transparansi ke publik terkait dana yang digelontorkan pada pekerjaan/proyek tersebut.
Disamping itu papan plang proyek juga dapat membantu masyarakat untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan proyek dilaksanakan di lapangan. Apakah sesuai atau tidak dengan anggaran yang diberikan. Dengan papan proyek maka masyarakat dapat langsung melakukan pengawasan dalam pekerjaan tersebut.

Komentar ditutup.