KPK Bantu Supervisi PKN PT. RBSJ Rembang

Posted: 31 Januari 2012 in politik, Semua Berita
Tag:, , , , ,

Surat KPK No. R 232/40-43/01/2012 tertanggal 17 Januari 2012

Surat KPK No. R 232/40-43/01/2012 tertanggal 17 Januari 2012

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membantu supervisi penghitungan kerugian negara (PKN) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam kasus dugaan korupsi di PT Rembang Bangkit Sejahtera Jaya (RBSJ).

Koordinator Lembaga Studi Pemberdayaan Masyarakat (Lespem) Kabupaten Rembang, Bambang Wahyu Widodo, Senin (30/1) mengatakan pengungkapan dugaan korupsi di PT RBSJ terhambat penanganannya antara lain karena belum juga diterbitkannya PKN oleh BPK.

“Bantuan KPK untuk supervisi PKN tersebut tertuang dalam surat bernomor R 232/40-43/01/2012 tertanggal 17 Januari 2012 yang kami terima hari ini (30/1),” kata dia.

Surat yang ditandatangani oleh Handoyo Sudradjat atas nama Deputi Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat pada Komisi Pemberantasan Korupsi terbit setelah menerima pengaduan Lespem terkait belum juga terbitnya PKN atas kasus dugaan korupsi di perusahaan daerah milik Pemkab Rembang tersebut.

“Surat pengaduan Lespem mengenai PKN oleh KPK, seperti tertuang dalam surat, akan dijadikan KPK sebagai bahan kegiatan koordinasi dan supervisi atas penangganan kasus dugaan korupsi di PT RBSJ itu,” kata dia menegaskan.

Menurut dia, karena belum terbitnya PKN tersebut, Polda yang menangani kasus tersebut belum melangkah untuk memeriksa para tersangka.

“Pada audiensi antara pegiat antikorupsi Jateng dengan Disreskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Firli, beberapa waktu lalu, terungkap bahwa penanganan kasus tersebut terhambat karena Polda masih menunggu PKN dari BPK,” kata dia.

Pihak Polda Jateng pada audiensi tersebut juga menyatakan akan melakukan pemeriksaan terhadap tersangka apabila PKN dari BPK sudah diterima.

Lespem berharap bantuan supervisi PKN tersebut akan memperlancar penanganan kasus PT RBSJ. “Sejak Mei 2010 atau pascapenetapan Bupati Rembang Mochammad Salim dan Direktur PT RBSJ Siswadi sebagai tersangka, Polda Jateng nyaris tak bergerak karena terhambat PKN,” kata dia.

Bambang mengemukakan apabila KPK ikut melakukan supervisi atas kasus ini, pihaknya berharap BPK segera membuat PKN atas dugaan korupsi di PT RBSJ sehingga penyidikan kasus tersebut bisa segera tuntas.

Berita terkait:
management-pt-rbsj-terisi
pt-rbsj-rembang-dalam-rangka-membangun-bumd-yang-sehat;
pt-rbsj-rembang ;
mundurnya-direktur-dan-komisaris-pt-rbsj-murni-alasan-pribadi;
komisaris-pt-rbsj-mengundurkan-diri/

Komentar ditutup.