Belasan Rumah Warga di Dusun Cerbung Besa Temperak Kec. Sarang Rembang Porak Poranda Karena Dihantam Ombak

Posted: 3 Februari 2012 in Semua Berita
Tag:, , ,

Sarang – Belasan rumah warga di Dusun Cerbung Besa Temperak Kec. Sarang, Rembang porak poranda karena dihantam ombak besar, Kamis dini hari. Ombak setinggi 3 – 4 meter mengganas di pesisir pantai utara Desa Temperak, Kec. Sarang, dalam beberapa hari terakhir. Seorang warga dusun Cerbung desa Temperak, Samiasih mengatakan ombak besar biasanya datang pada pagi dini hari, sehingga ia tidak bisa tidur, karena harus berjaga jaga.

Kepala Dusun Cerbung-Temperak, Muhadi mencatat dua rumah roboh, sedangkan belasan lainnya rusak berat. Warga hanya bisa memperkuat tiang tiang bambu dan menambah karung berisi pasir, untuk mengurangi dampak ombak besar, meski upaya itu tidak akan mampu bertahan lama.

Pihaknya berharap pemerintah mempercepat pembangunan talud pemecah gelombang. Di Kec. Sarang, hanya Desa Temperak saja yang belum dilengkapi talud, masih kurang sepanjang 1.039 meter, kalau dihitung dari batas desa sampai ke titik perbatasan Jawa Tengah – Jawa Timur.

Selain merusak pemukiman penduduk, ombak juga kembali menghancurkan lima buah makam, setelah tergerus longsor. Tulang tulang jenazah, kini tampak lagi menyembul dari balik tanah.

Pemerintah Kabupaten Rembang belum mengambil langkah langkah penanganan, terkait musibah ini.

Kepala badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Suharso mengakui kondisi keuangan daerah terbatas. Pihaknya lebih banyak mengandalkan bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat, untuk membangun talud pemecah gelombang, karena butuh dana puluhan miliar rupiah.

Komentar ditutup.