Nglelet/Mbolot, “Tradisi” Ngopi di Rembang

Posted: 4 Februari 2012 in Semua Berita, sosial budaya, WISATA
Tag:, , , , ,

Bagi Anda warga Rembang tentu tidak asing dengan istilah mbolot/nglelet. Apa itu mbolot? Mbolot adalah melukis atau membubuhi sebatang rokok dengan ampas {lathek} kopi.  Caranya, kopi yang sudah diminum, ampasnya (agar ampas halus, ngopinya harus pake kopi halus==kalau istilah Rembangnya kopi item, bukan kopi kemasan) diberi tissue (agar kadar airnya hilang) kemudian dicampur sedikit susu putih (bukan susu cream) dan diaduk sampai merata serta halus.

Setelah itu, bolotan siap dilukiskan pada sebatang rokok. Soal motif sangat beragam sesuai dengan selera, ada yang polos (rokok cukup diblok item saja), namun tak jarang ada juga yang diukir dengan jlimetnya.

Untuk memperoleh hasil lukisan yang bagus para pembolot biasanya menggunakan benang, batang korek api atau cukup dengan menggunakan sendok kopi sebagai alat lukisnya.

Nah, setelah selesai dilukis sebatang rokok didiamkan (pada tempat yang telah disdiakan oleh pedagang/warung kopi) menunggu kering.

Kebanyakan warung kopi di Rembang dipadati oleh konsumen yang sedang asyik membolot, bukan sekedar minum segelas kopi. Itu sebabnya diwarung-warung kopi tersebut sudah disiapkan peralatan mbolot lengkap dengan pramusaji yang ramah dan menarik.

Ga ada salahnya Anda mencoba, semoga saja tidak ketagiahn…..

Berita terkait:

Kopi dengan Kandungan Zat Berbahaya

Iklan

Komentar ditutup.