Masih Perlukah Musrenbangcam?

Posted: 16 Februari 2012 in Semua Berita
Tag:, , , , ,

Dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rembang melaksanakan Musrenbangcam (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan). Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak Hari Senin (13/2) di semua kecamatan di Kabupaten Rembang. Kegiatan yang merupakan amanah Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional tersebut mendapatkan sorotan dari beberapa kalangan, utamanya para kepala desa.

Hasil Musrenbangcam selama ini oleh beberapa kalangan tersebut dianggap hanyalah formalitas belaka, karena realisasinya masih jauh dari kenyataan. Bahkan sebagian yang lain mengganggap Musrenbang tidak lagi diperlukan jika hasilnya tidak pernah diakomodir.

Hal ini salah satunya diungkapkan oleh paguyuban Kepala Desa Rembang. “Masukan dari Musrenbangcam banyak sekali disampaikan, namun realisasinya jauh dari kenyataan. Dengan demikian kami menilai Musrenbangsam percuma untuk digelar”, ungkap Wasiman, wakil ketua Paguyuban Kades Rembang Guru Pandawa, Rabu (15/2).

Ungkapan Wasiman tersebut bukanlah isapan jempol. Banyak kepala desa melakukan aksi menolak pelaksanaan Musrenbangcam. Diantaranya pada saat pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Sulang dan Rembang, banyak kepala desa yang tidak mengikuti acara Musrenbang sampai tuntas. Kepala  desa memilih hadir lebih awal hanya sekedar untuk menghormati undangan camat setempat, selebihnya mereka memilih meninggalkan acara. ”Paling usulan kami hanya untuk dicatat saja, sedangkan tindaklanjutnya nol besar”, terang Wasiman.

Komentar ditutup.