Bayar Raskin Pakai Uang Palsu

Posted: 14 Maret 2012 in ekonomi, Semua Berita, sosial budaya
Tag:, , ,

Sarang – Uang palsu kembali ditemukan, saat pembayaran beras keluarga miskin (Raskin) di Kec. Sarang. Salah satunya dari desa Sarangmeduro, pihak kecamatan mengamankan selembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu. Ketua Satuan Kerja Raskin Kantor Kec. Sarang, Bambang Aryanto menjelaskan peristiwa ini merupakan kali ketiga. Sebelumnya, tahun 2010 uang palsu diketahui dari desa Pelang, kemudian tahun 2011 terjadi di desa Banowan, sama sama pecahan Rp 100 ribu.

Ada unsur kesengajaan atau tidak, Bambang belum tahu persis. Tetapi peristiwa tersebut hendaknya membuat aparat desa lebih waspada, karena menjadi penyaring pertama yang menerima uang dari masyarakat.

Kebetulan pada hari Selasa (13 Maret 2012) berlangsung rapat koordinasi antar kepala desa se kecamatan Sarang di balai desa Lodan Wetan. Pihak kecamatan Sarang langsung menyampaikan masalah tersebut, agar ke depan tidak terulang lagi.

Bambang Aryanto menambahkan karena nominalnya masih kecil, uang palsu sementara akan diganti menggunakan dana operasional dari Satker Raskin tingkat kecamatan. Tetapi jika nantinya ada temuan yang jauh lebih besar, desa juga harus ikut bertanggung jawab.

Rasyid menyarankan supaya panitia di setiap desa mempunyai alat pendeteksi uang palsu, untuk mengantisipasi hal itu. Apalagi belakangan kualitas uang palsu sangat mirip dengan uang asli, sehingga sulit dibedakan kalau hanya mengandalkan mata telanjang.

Iklan

Komentar ditutup.