Ulat Bulu Kembali Menyerang Rembang

Posted: 16 Maret 2012 in Semua Berita, sosial budaya
Tag:, , , ,

Sedan – Masih ingat kabar ulat bulu yang sempat menggegerkan media massa beberapa waktu lalu? Kini di Sedan Rembang, tepatnya Desa Dadapan, hama ulat bulu kembali menyerang. Parahnya ulat bulu tersebut mulai masuk ke dalam ruangan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Jamyatus Solihin. Kejadian tersebut memaksa pihak sekolah yang berada di kaki perbukitan ini meliburkan sementara siswa kelas V. Alasannya karena para siswa tidak kuat merasakan gatal-gatal akibat terkena ulat bulu.

Kepala Sekolah MI Jamyatus Solihin desa Dadapan Kec. Sedan, Zuber Utsman menjelaskan jenis hama ulat bulu sekarang ini ukurannya lebih kecil, berbeda dengan serangan beberapa bulan lalu. Meski kecil, namun dampaknya terasa lebih menyengat. Kena sedikit saja, menimbulkan gatal yang luar biasa.

Pihak sekolah melakukan upaya penyemprotan dengan pestisida, namun Zuber memprediksi serangan susulan rawan terjadi, lantaran pemangsa alami ulat seperti burung, sekarang populasinya kian berkurang.

Cuaca tidak menentu ditengarai sebagai penyebab hama ulat bulu ini. Menurut koordinator pengamat hama Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Rembang, Sri Hartono, ancaman ulat bulu masih mengintai, karena cuaca tidak menentu. Kondisi panas kemudian disertai hujan deras, akan mempercepat siklus perkembangan ulat, terutama di daerah pegunungan yang masih banyak pohon jati dan mangga.

Untuk mengantisipasi menyebarnya ulat bulu tersebut Sri Hartono menghimbau masyarakat menggelar penanganan secara swadaya. Tetapi pihaknya siap membantu menyediakan obat, manakala tingkat serangan sudah tergolong parah.

Lihat Berita Lainnya:

Komentar ditutup.