Rekrutmen Bidan PTT Pusat di Rembang Tertutup untuk Publik

Posted: 13 April 2012 in opini
Tag:, , , ,

Rekrutmen PNS selalu menyisakan persoalan yang pelik. Mentalitas pejabat istitusi pengadaan kepagawaian (BKD) seringnya tidak fair dalam memberikan informasi tentang formasi rekrutmen pegawai kepada public. Rupanya rekrutmen pegawai sudah menjadi lahan yang empuk untuk menuai keuntungan materiil bagi HRD pemda ini atau bahkan kepentingan elit local daerah.

Sebut saja yang terakhir adalah rekrutmen Bidan PTT Tahun 2012. Suatu saat saya sempat keget dan tidak percaya mendapat informasi yang tidak sengaja dari seorang teman yang dekat dengan kekuasaan, bahwa di Rembang ada rekrutmen tenaga medis pusat ini. Sebagai warga Rembang, seharusnya saya mengetahui informasi ini meskipun saya tidak memiliki minat. Huznudhon saya kalaupun ada formasi tersebut mestinya public di Rembang tahu. Berulang kali saya bolak-balik searching di web, baik melalui search engine terkenal yaitu paman google maupun melalui web milik Pemkab Rembang. Tidak cukup itu, saya juga bertanya dengan beberapa kolega saya yang duduk di birokrasi Pemkab Rembang. Benar saja hasilnya nihil, saya tidak menemukan informasi itu, yang ada adalah bahwa informasi tersebut adalah ‘terbatas’.
Hal ini berbeda dengan kabupaten lain, sebut saja Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, lewat web site resminya BKD Banjarnegara membuat pengumumuman rekrutmen ini melalui surat resmi tertanggal 13 Pebruari 2012 yang ditandatangani oleh Kepala BKD Kabupaten Banjarnegara.
Fakta diatas menambah daftar panjang persoalan rekrutmen CPNS di Rembang disamping isu suap atau kentalnya aroma nepotisme pengadaan PNS di Rembang .
Tak heran, ketika reshuffle di Rembang yang dilaksanakan di Bulan Maret 2012 kemarin, hanya promosi dari pejabat BKD Rembang (Mr. P dari Kabid ke kepala BKD Rembang) yang menyulut komentar/perhatian yang lebih dari masyarakat Rembang dibanding pejabat yang lain—(itu setidaknya yang saya baca dari media local terkenal di Rembang). Untuk itu jangan heran pula, jika kualitas birokrasi Rembang semakin terpuruk, karena bagaimanapun setidaknya 6 (enam) tahun kedepan PNS dari produk rekrutmen asal-asalan ini akan menjadi pejabat (pengambil kebijakan) di Rembang. Bisa dibayangkan kan kebijakan macam apa yang akan dibuatnya………

Tulisan terkait:

Penerimaan CPNS Kabupaten Rembang Tahun 2012, antara Kebutuhan, Keinginan (Elit Lokal) atau Kepentingan
Revitalisasi Kelembagaan dan Profesionalisme PNS, Kapan?
Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

