Rembang termasuk Kendeng Utara?

Posted: 11 Mei 2012 in opini
Tag:, , , ,

Kawasan Kendeng Utara, foto: omahkendeng

Kawasan Kendeng Utara, foto: omahkendeng

Rencana pendirian pabrik semen di Rembang dengan lokasi di daerah Gunem menimbulkan kekhawatiran beberapa pihak akan kelestarian lingkungan. Sebagai deretan Kendeng Utara wilayah Gunem memiliki peran strategis sebagai   area resapan bagi daerah – daerah di sekitarnya. Namun berbeda dengan Blora, Pemkab Rembang “meyakinkan” kepada publik di daerah ini dengan menyatakan bahwa kendeng utara bukan termasuk dalam kawasan lindung dalam RTRW (kompas) melainkan kawasan pegunungan Lasem. Apa sebenarnya Kendeng Utara. Berikut kutipannya diambil dari wikipedia dan semoga kita peduli setelah membacanya.

Pegunungan Kapur Utara
Pegunungan Kapur Utara adalah salah satu pegunungan kapur yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa mulai dari Kabupaten Pati Jawa Tengah hingga Lamongan (Jawa Timur).
Oleh sebagian orang disebut juga sebagai Pegunungan Kendeng Utara, karena letaknya yang sejajar dengan Pegunungan Kendengyang membujur di sebelah selatannya. Juga ada yang menyebutnya sebagai Pegunungan Serayu Utara.
Fisik Pegunungan
Wilayahnya memanjang dari barat ke timur yang meliputi Kabupaten Pati bagian selatan, Kabupaten Grobogan bagian utara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro bagian utara dan Kabupaten Lamongan bagian barat.
Lebar rangkaian pegunungan ini sekitar 30-50 km dengan ketinggian kurang dari 800 meter dari permukaan laut.
Kawasan Karst
Pegunungan Kapur Utara merupakan kawasan batu gamping atau daerah karst. Daerah ini identik dengan fenomena alam yang kurang akan air di permukaan akibat sifat batuan kapur yang sangat mudah meloloskan air. Meskipun dipermukaan cenderung kering dengan dipenuhi banyaknya batu karang dan tebing.
Sesuai dengan sifat batuan kapur (kawasan karst) yang mudah larut oleh air hujan membuat kawasan ini memiliki banyak sekali rekahan ataupun lubang yang sebagian dikenal sebagai gua–gua alam. Selain itu karena besarnya tingkat porositas (meloloskan) air yang sangat tinggi membuat kawasan ini menjadi area resapan bagi daerah – daerah di sekitarnya. Air hujan yang meresap lewat rekahan – rekahan yang ada menciptakan suatu sistem sungai bawah tanah yang unik.

Nah, jelas kan kalau yang sebenarnya Rembang termasuk deretan pegunungan kendeng, yang karena fungsinya patut dan harus dilestarikan…..

Baca juga:

Komentar ditutup.