Kuliner Rembang

Makanan (Lauk dan Sayur)

Kelo Mrico

Lauk yang dibuat dari Ikan laut segar dengan bumbu cabe, merico, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, terasi, garam, ditambah air.

Lonthong Tuyuhan

Lonthong Tuyuhan merupakan makanan khas Rembang yang berasal dari Desa Tuyuhan Kecamatan Pancur sekitar 2,5 km dari Lasem. Menu itu terdiri atas lonthong (berbentuk segitiga) dengan lauk opor ayam kampung agak pedas. Lonthong Tuyuhan akan semakin nikmat apabila minumannya air kendi, soft drink, dan es kelapa muda. Makanan ini dijajakan di tepi jalan di pinggir sawah. Dari pukul 11.00 – 22.00 WIB. Sekarang Lonthong Tuyuhan sudah dapat diperoleh di alun-alun kota Rembang / Lasem atau di setiap kota kecamatan, yang dijajakan pada sore hari  pukul  16.00 WIB.

Mangut

Mangut adalah ikan panggang dengan bumbu cabe hijau, bawang merah, bawang putih, lengkuas, garam, dan santan kental.

Petis Bumbon

Sayur untuk santap siang atau malam yang dibuat dari petis ikan atau udang, telur rebus/ ceplok, langsung dimasak dengan bumbu cabe, bawang putih, bawang merah, kunci, lengkuas, daun jeruk purut, garam/tanpa garam apabila petisnya lebih banyak, dan ditambah santan kental

Pindang Serani

Ikan laut segar dengan bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, daun jeruk purut, serai,  garam, digongso, kemudian ditambah air.

Pindang Tempe

Tempe dipotong dadu (menurut selera) dengan irisan cabe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, belimbing wuluh/ tomat/ asem, garam, kemudian ditambah air; langsung direbus sampai matang.

Sate Serepeh

Sate ayam kampung yang bumbunya terdiri atas cabe merah, bawang merah, gula merah, santan kental, dan garam.

Urap Latoh

Latoh segar (sejenis rumput laut berbentuk bulat warna hijau) dibumbui dengan bumbu cabe, terasi, kencur, bawang putih, dicampur kelapa parut (tanpa garam karena latoh sudah terasa asin). Kadang-kadang kalau dikehendaki dapat ditambah daging ikan panggang dan kecambah

Laman: 1 2 3 4